-->

BEBERAPA TIPS AGAR HIDUP HEMAT



Yang namanya hidup pasti penuh cobaan dan godaan. Kadang kita tergiur dengan beberapa hal tertentu sehingga kita terpaksa menguras isi dompet kita. Dan terkadang juga kita bingung bagaimana kita menjalani hidup hemat. Maka dari itu, saya akan memberikan beberapa tips agar hidup hemat.

Setiap orang pasti ingin hidup hemat. Namun kadang sulit untuk menjalani yang namanya berhemat. Padahal hidup hemat itu sangat mudah jika kita memang bersungguh-sungguh dan siap menjalaninya. Karena pada dasarnya biaya hidup itu murah, yang mahal itu biaya hidup. Dan berikut ini adalah beberapa tips agar hidup hemat.

Prioritaskan Kebutuhan Daripada Keinginan

Yang namanya manusia pasti banyak maunya. Kadang kita menginginkan sesuatu yang padahal belum tentu merupakan kebutuhan kita. Contohnya, kita tergiur dengan pakaian baru yang sedang ngetrend, padahal kita sudah memiliki cukup banyak pakaian. Hal tersebut termasuk pemborosan. Maka dari itu, utamakanlah apa yang menjadi kebutuhan anda.

Mengatur Pengeluaran

Memiliki gaji yang besar tidak menjamin anda untuk menjadi kaya. Pintar-pintarlah dalam mengatur pengeluaran. Tulis apa saja yang menjadi kebutuhan anda. Jika keuangan anda tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, maka tidak dianjurkan untuk berhutang. Anda cukup meminimalisir apa yang menurut anda kurang penting.

Disiplin dalam Menabung

Menabung merupakan hal yang wajib dilakukan dalam menjalani pola hidup hemat. Anda harus bisa menyisihkan pengeluaran anda untuk disimpan atau ditabung. Dan disiplinlah dalam menabung, dalam artian rutin menabung baik seminggu sekali atau sebulan sekali.

Menjaga Kesehatan

Salah satu cara menjalani hidup hemat adalah dengan menjaga kesehatan. Dengan menjaga kesehatan anda dapat terhindar dari penyakit. Jika anda sakit, maka jelas anda akan mengeluarkan uang baik untuk pergi ke dokter atau membeli obat. Dan mungkin anda akan mengurangi pengeluaran and jika sakit karena harus bolos bekerja. Dengan hidup sehat, anda dapat menjalani rutinitas anda dengan baik dan mempengaruhi pengeluaran anda.

Membeli Barang Investasi

Anda dapat menginvestasikan uang anda kedalam bentuk barang. Seperti halnya membeli emas atau tanah. Atau anda juga bisa membeli barang yang sifatnya dapat menguntungkan. Seperti halnya membeli sebuah laptop untuk mencari penghasilan tambahan dengan blogging atau jual beli online.

Membawa Bekal

Jika anda bepergian, baik ke tempat kerja, sekolah atau liburan, ada baiknya anda mempersiapkan bekal dari rumah. Hal tersebut dapat membuat anda hemat karena jika anda membeli makanan diluar bisa saja harganya lebih mahal. Selain hemat, membawa bekal dari rumah dapat menjamin kebersihan dan gizinya.


Nah itulah beberapa tips hidup hemat. Mungkin terdapat cara lain selain cara di atas. Anda dapat memikirkannya sendiri jika anda memiliki inisiatif. Ingat yang mahal itu bukan biaya hidup tapi gaya hidup.

13 Responses to "BEBERAPA TIPS AGAR HIDUP HEMAT"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2