-->

Tips Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa


Marhaban Ya ramadhan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Pada bulan ramadhan umat Islam diwajibkan melakukan ibadah shaum atau puasa pada bulan ramadhan. Ketika berpuasa, kita tidak diperbolehkan makan atau minum mulai dari waktu subuh hingga waktu maghrib. Tentu pada saat menjalankan ibadah puasa kita ingin kondisi tubuh kita tetap sehat dan terjaga. maka dari itu, saya akan memberikan tips agar tetap sehat saat berpuasa.



Menjaga Pola makan


Makanlah dengan porsi normal, jangan berlebihan. Utamakan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, serta buah dan sayuran. Atur waktu anda untuk menyantap sahur di akhir waktu. Selain berguna untuk menunjang puasa anda di siang hari, makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunnah Rasul. Dan jangan lupa untuk banyak minum air putih.



Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh


Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan rasa lemas dan kurang konsentrasi selama berpuasa. Apalagi kita tinggal di daerah tropis yang cuacanya cenderung panas. Cukupi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka untuk menghindari dehidrasi. Air putih paling dianjurkan, namun bisa digantikan dengan susu atau jus buah murni.

Sebaliknya, hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cola yang memiliki sifat diuretik. Perbanyak juga asupan buah-buahan yang tinggi cairan seperti semangka atau jeruk.



Olahraga Ringan


Tetap lakukan olahraga rutin selama bulan Ramadhan. Hanya saja, batasi waktunya. Olahraga di siang bolong bisa menyebabkan dehidrasi dan menguras energi Anda. Sebaiknya, cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda selama 15 hingga 20 menit saat ngabuburit atau menjelang berbuka.



Konsultasi ke dokter


Sebelum mulai berpuasa, ada baiknya untuk mengonsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Tanyakan mengenai pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa.


 

Jangan Lupa Menggosok gigi


Saat berpuasa, tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai energi utama dan meningkatkan kadar keasaman darah. Karena itulah nafas biasanya berbau. Untuk meminimalisir bau yang timbul, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mulut dengan menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur.

Menggosok gigi setelah sahur juga membantu menghilangkan rasa kantuk yang menyerang dan mencegah Anda kembali tidur. Ingat bahwa tidur setelah sahur bisa mengganggu proses pencernaan dan mungkin membuat Anda melewatkan salat subuh.

2 Responses to "Tips Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa"

  1. makasih sekali tipsnya, ternyata tidak enak juga saat puasa malah badan sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mbak, menjaga kesehatan penting apalagi pas puasa

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2